Morula IVF

Ini Penyebab Ibu Hamil Susah BAB, Bagaimana Mengatasinya?

February 2, 2023

Ini Penyebab Ibu Hamil Susah BAB, Bagaimana Mengatasinya?

Ibu hamil susah BAB merupakan hal yang wajar dialami oleh ibu hamil di trimester kedua kehamilan. Pasalnya, rahim yang mulai membesar serta peningkatan hormon progesteron membuat gerakan usus melambat. Akibatnya, ibu hamil menjadi kesulitan untuk buang air besar.

Meskipun merupakan hal yang wajar, bukan berarti hal ini dibiarkan saja. Sulit BAB tentu membuat ibu hamil tidak nyaman menjalani kehamilan. Perut yang kembung dan begah saat sembelit membuat ibu hamil tidak dapat beraktivitas dengan optimal. Untuk itulah, Anda perlu tahu penyebab ibu hamil susah BAB serta cara mengatasinya agar kondisi tersebut dapat diminimalisir.

Nah, pada artikel ini akan dijelaskan secara lengkap tentang penyebab ibu hamil susah BAB pada trimester 1, 2, dan 3 kehamilan. Selain itu, juga akan dijelaskan obat susah BAB bagi hamil agar masalah sembelit tidak lagi mengganggu kehamilan. Yuk, simak!

Penyebab Susah BAB pada Ibu Hamil

Salah satu faktor penyebab ibu hamil susah BAB adalah meningkatkan hormon progesteron seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Namun selain itu, masih ada lagi faktor yang menyebabkan sembelit pada ibu hamil, yaitu:

1. Pembesaran Rahim

Rahim akan membesar dari hari ke hari, bulan ke bulan. Janin semakin berkembang yang membuat ukuran rahim pun membesar. Rupanya rahim yang membesar ini dapat menekan bagian usus dan rektum sehingga mempengaruhi proses pembuangan tinja. Tekanan pada usus dan rektum cukup mengganggu pengeluaran tinja, akibatnya proses buang air besar pun terganggu. 

2. Kurang Minum Air Putih

Penyebab ibu hamil susah BAB berikutnya adalah kurangnya konsumsi air putih. Umumnya ibu hamil malas untuk minum air putih lantaran perutnya yang kembung akibat lambatnya gerakan usus. Padahal, hal ini justru membuat ibu hamil semakin sembelit dan sulit mengeluarkan tinja. 

Tercukupinya kebutuhan cairan tubuh setiap hari akan mempermudah sistem pencernaan untuk bekerja dengan optimal. Itulah mengapa ibu hamil disarankan untuk banyak minum air putih setiap harinya guna mencegah sembelit.

3. Kurang Serat

Setiap ibu hamil memiliki pola makan yang berbeda-beda saat hamil. Ada ibu yang tetap doyan makan, namun ada juga ibu yang menjadi pilih-pilih makanan. Rasa mual dan eneg terhadap makanan tertentu bisa jadi membuat ibu hamil kekurangan asupan yang dibutuhkan oleh tubuh, contohnya serat.

Ibu hamil yang kurang makan makanan berserat lebih berpotensi untuk mengalami sulit BAB. Serat yang terdapat pada sayuran, buah-buahan, dan juga daging berperan dalam melancarkan sistem pencernaan. Itulah sebabnya, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung serat serta menjaga pola makan tetap sehat agar terhindar dari sulit BAB.

4. Konsumsi Zat Besi

Penyebab lain ibu hamil susah BAB adalah konsumsi suplemen zat besi. Ibu hamil merupakan kelompok yang membutuhkan suplemen zat besi tambahan untuk mencegah anemia. Pasalnya, anemia dapat berakibat fatal terhadap janin dan ibu selama kehamilan.

Namun tidak bisa dipungkiri jika ada beberapa jenis suplemen zat besi yang memiliki efek samping tertentu, sembelit adalah salah satu contohnya. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu menyeimbangkan konsumsi zat besi dengan air putih dan buah-buahan berserat agar sistem pencernaan tetap lancar.

5. Stres dan Kurang Gerak

Perut yang membesar membuat gerakan ibu hamil menjadi terbatas. Banyak ibu hamil yang memilih untuk duduk atau tiduran saja sepanjang hari ketimbang harus beraktivitas. Nah, faktor inilah yang ternyata juga menjadi penyebab ibu hamil susah BAB. Selain itu, stres dan cemas juga banyak dialami oleh ibu hamil yang ternyata juga menjadi penyebab sulit BAB. 

Untuk itulah, ibu hamil disarankan untuk tetap tenang dan tidak cemas dalam menghadapi kehamilan. Gerakan ringan seperti senam hamil dan yoga bisa menjadi pilihan tepat guna menjaga badan agar tetap bergerak dan tidak stres. Jika ibu hamil tetap bergerak dan menghindari pemicu stres, sembelit saat hamil bisa diminimalisir.

Cara Mengatasi Susah BAB saat Hamil

Setelah tahu apa saja penyebab ibu hamil susah BAB, kini Anda juga perlu tahu cara mengatasi susah hamil saat hamil. Apa saja?

1. Makan Makanan Berserat

Cara mengatasi sembelit pada saat hamil yang pertama adalah dengan mengonsumsi makanan berserat. Makanlah makanan yang mengandung serat seperti sereal, beras merah dan kacang-kacangan. Selain itu, jangan lupa untuk makan buah yang banyak mengandung serat seperti mangga, jeruk, dan pepaya agar BAB tetap lancar. Dengan mengonsumsi makanan berserat, ibu hamil tidak akan mengalami sembelit yang mengganggu.

2. Minum Air Putih Cukup

Cara lain untuk mengatasi sembelit adalah dengan minum air putih yang cukup. Seperti dijelaskan sebelumnya, air putih cukup dapat mencegah munculnya sembelit yang mengganggu proses kehamilan. Jumlah air putih yang disarankan untuk ibu hamil adalah minimal 12 gelas per hari. Selain itu, cukupilah jumlah cairan dengan makanan berkuah seperti sup dan sejenisnya.

3. Olahraga Teratur

Kurang gerak dapat menyebabkan ibu hamil sembelit. Oleh karena itu, disarankan untuk ibu hamil yang tidak memiliki masalah dengan kehamilannya untuk tetap olahraga teratur selama masa kehamilan. Olahraga untuk ibu hamil sebaiknya dilakukan minimal 3 kali seminggu selama kurang lebih 20 menit. Senam hamil, jalan santai, dan berenang merupakan jenis olahraga yang aman bagi ibu hamil.

Itulah beberapa penyebab ibu hamil susah BAB dan cara mengatasinya yang perlu Anda tahu. Perlu diketahui bahwa sulit BAB bukan hal yang membahayakan, namun sebaiknya ibu hamil tetap meminimalisir hal tersebut dengan berbagai upaya di atas agar kehamilan tetap sehat dan nyaman dijalani.

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung